Aircooled Castle, European Car Maker, GettinLOW's Album, Old But Gold, Show-Case, video, Volkswagen

1957 Volkswagen Karmann Ghia fully restored by Classic Han’s Room

Bagi penyuka VW (Volkswagen) klasik, Karmann Ghia mungkin menjadi satu dari sekian banyak model legendaris VW yang paling diidamkan sekaligus dimimpikan. Unitnya yang terbilang semakin sedikit dan juga nilai kolektor yang amat tinggi menyebabkan mobil ini semakin mahal dan langka untuk dimiliki. Sedan Volkswagen yang memiliki tipe 14 ini oleh Volkswagen diproduksi mulai tahun 1955 hingga tahun 1975 dengan basis produksi di negeri Jerman dan Brazil mulai 1962 hingga 1975. Desain Luigi Segre ini diproduksi secara hand-made di karoseri milik Karmann dengan pengawasan oleh Volkswagen dan juga berbasis VW beetle type 1. Pada masanya setidaknya telah diproduksi sekitar 500.000 lebih Karmann Ghia baik melalui basis produksi Jerman dan Brazil.

karmannghia-classichansroom

Kini valuasi mobil ini semakin menanjak dan dapat disebut salah satu mobil paling dicari oleh kolektor mobil dimanapun – termasuk Indonesia. Beberapa rumah modifikasi khusus volkswagen di Indonesia pun tidak luput berebut untuk dapat melakukan restorasi baik bergaya original vintage maupun aliran custom. Salah satu yang beruntung adalah Classic Han’s Room yang berlokasi di Bekasi Jawa-Barat ini – melalui tangan-tangan teknisi terampil dan berpengalaman serta jiwa seni tinggi dengan bangga berhasil membangun sebuah VW Karmann Ghia dari tipe pertama tahun produksi 1957. Semua parts dan aksesoris yang dilekatkan pada restorasi Karmann Ghia inipun dapat dibilang 99.9% asli dengan pengerjaan sekitar 1 tahun lebih untuk mengembalikan ke gaya yang saat ini.

Warna hitam solid dengan tampilan Classic Sporty pun semakin kental dengan penggunaan velg JBW Speedmaster berdiameter 17 inch, sehingga ruang fender tidak tampak kopong dan kesan modis mengikuti jaman pun terasa hadir pada garapan Classic Han’s Room ini. Interior yang dijaga keasliannya serta pernak pernik yang orisinil membuat Karmann Ghia hitam ini tampil sempurna. Beum lagi pada bagian mesin ber cc 1800 ini dilengkapi karburator 4-barrel dengan blower dari Porsche. Hasilnya ruang mesin tampak padat dan berotot dengan dukungan knalpot mumpuni yang menampilkan suara kekar khas porsche 356 speedster.

karmannghia-classichansroom

Urusan kaki-kaki, drop spindle merek EMPI dari USA untuk menekan tingkat ketinggian sehingga tampak lebih rendah dari orisinilnya dan juga untuk menahan tenaga mesin yang gahar ketika diajak ngebut juga dipasang disk brake dari EMPI USA.

Secara keseluruhan, istimewa dan layak banget dibanggakan oleh pemiliknya – bahkan mobil ini pun menjadi langganan ajang pamer di beberapa event otomotif penting Indonesia. Selanjutnya buat yang mau melihat lebih jauh yuk ah tatap aja video pendek dan juga foto-foto selengkapnya dari gubahan Classic Han’s Room di VW Karmann Ghia tahun 1957 ini.

Artikel, fotografi & video oleh
MOMMY LESMANA

karmannghia-classichansroom

karmannghia-classichansroom

karmannghia-classichansroom

karmannghia-classichansroom

karmannghia-classichansroom

karmannghia-classichansroom

karmannghia-classichansroom

karmannghia-classichansroom

karmannghia-classichansroom

karmannghia-classichansroom

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Send this to a friend