European Car Maker, GettinLOW's Album, Segment Classic Retro, Show-Case, Stance Addicts, Styled Wagon Segment, video, Volkswagen, Wagon Segment

Classic Han’s Room mengkonversi VW Kombi 1980 dari Brazillian Bus ke Single Cabin Pick-Up bergaya Stance

Classic Han’s Room mengkonversi VW Kombi 1980 dari Brazillian Bus ke Single Cabin Pick-Up bergaya Stance

Classic Han's Room:
1980 Volkswagen T2 Pick-Up Single Cabin

Berbasis Volkswagen T2 brazillian tahun 1980 berubah total menjadi pick up single cabin bergaya T2 Jerman (tipe 2 model), adalah Classic Hans Room – rumah modifikasi yang sangat khatam dengan dunia Volkswagen lawas di daerah Bekasi selaku builder restoration pada projek kali ini. Ubahan yang bisa dibilang hanya menyisakan kurang dari 20% bagian VW Brazil ini menghasilkan rupa yang total berbeda jauh mulai dari desain hingga kegunaan.

Proses restorasi yang memakan waktu sekitar 5 bulan ditambah perubahan konsep yang tiba-tiba menjelang kehadiran perdananya di Jogja Volkswagen Festival 2017 (JVWF2017) yang lalu di Jogja ternyata membuah kan hasil karya yang menakjubkan sekaligus membanggakan khususnya bagi yang mengetahui tentang detil ubahannya. Belum lagi penghargaan yang diraih dalam ajang JVWF 2017 dari beberapa media internasional khusus VW menjadikan Kombi hasil karya Classic Han’s Room (biasa dipanggil dalam bahasa lokal untuk VW T2 di Indonesia) ini hits tidak saja di Indonesia namun mancanegara.

Pengerjaan yang rumit dan detil mulai perombakan kasis, body dan juga mesin dikerjakan dengan mengambil referensi blue-print VW kombi T2 Jerman berbasis Pick up single cabin yg konon saat ini terbilang langka di Indonesia dan bahkan di beberapa negara yang pernah menjadi basis pemilik VW kombi ini. Beberapa bagian yang juga harus dibuat hand-made seperti lampu sein pilar samping, kustomisasi velg bergaya Porsche OEM wheels pun tidak luput dari pengerjaan detil yang harus dilakukan dalam kurun waktu yang singkat. Presisi yang diupayakan maksimal khususnya di bagian kisi-kisi body pick up serta jarak lantai pick up pun menjadi pekerjaan super lama yang tidak saja memakan waktu namun juga emosi menurut penuturan salah satu project inisiator mobil ini mas Satrio Jati Galih yang akrab disapa Tole. Setelah kesemua bagian body dan kasis menyatu dan masuk proses pengecatan, hingga pemilihan cat dengan warna mobil abu-abu polisi (dan memang sama persis nomor cat-nya lho) kemudian harus dikombinasikan dengan art painting di sisi muka kabin, pintu serta bagian samping bak pick-up-nya. Hasilnya kontras namun pas dan jadi makin enak dilihat, terasa penuh citarasa seni serta gaya Custom Classic-nya.

Upaya untuk tetap membuat mobil pick-up ini kekinian dan memenuhi selera mata anak mobil masa kini yang lagi doyan aliran Stance dan Slammed, si Kombi jadi-jadi-an ini harus merubah breh kaki depannya menjadi kaki-kaki asli Kombi Jerman yang mudah untuk di pasangkan adjuster – dan khusus bagian ini untuk memudahkan menaik-turunkan ketinggian ground clearance mobil, didesainlah cara mudah untuk melakukan adjusting dengan membuat rongga dibawah sofa kabin sehingga mobil tidak perlu didongkrak untuk melakukan penyetelan ketinggian.

Hasil maksimal belum tercapai setelah konsep mobil retro pickup yang rencananya untuk mengangkut motor klasik Dnepr Ural K750 motorcycle 1930 dari Ural Motorcycles akhirnya tercapai. Dan hasilnya bisa temen-temen lihat di galeri foto yang diambil Mommy Lesmana pada sesi pemotretan paska acara JOGJA VOLKSWAGEN FESTIVAL 2017 untuk gettinlow.com.

Hasil karya CLASSIC HAN’S ROOM ini ditampilkan perdana pada gelaran JOGJA VOLKSWAGEN FESTIVAL 2017 (17-19 November 2017) di Jogja Expo Center Yogyakarta. Buat yang tertarik menanyakan lebih lanjut tentang project Kombi Pickup ini atau mungkin memiliki rencana untuk membangun sebuah Volkswagen impian, bisa langsung mendiskusikan dengan temen-temen dari CLASSIC HAN’S ROOM di Taman Narogong Indah Jl. Bojong Permai Blok C 46/1, Bekasi Jawa Barat atau bisa menghubungi 08122927720 atau juga bisa melihat-lihat akun instagram resminya di @classichansroom.


fotografi dan artikel oleh:
Mommy D Lesmana
instagram id: @mommylesmana

Video Coverage




Basic mobil: brazilian bus tahun 1980 // mesin 1700 cc // kaki kaki full german t2 69 + adjuster + drop spindle bagian depan // Dashboard + panel dan steer full pakai t2 69 // Kancing pintu 3-way pickup dibuat sesuai model original custom // custom (porsche 356 look Oem) r16 wheels // Ban Depan achilles atr-k economist 165/35/16 belakang dunlop 185/55/16 // thermadore hand-made, spion mini truck.

Classic Hans Room's Volkswagen Type 2

Classic Hans Room's Volkswagen Type 2

Classic Hans Room's Volkswagen Type 2

Classic Hans Room's Volkswagen Type 2

Classic Hans Room's Volkswagen Type 2

Classic Hans Room's Volkswagen Type 2

Classic Hans Room's Volkswagen Type 2

Classic Hans Room's Volkswagen Type 2

Classic Hans Room's Volkswagen Type 2

Classic Hans Room's Volkswagen Type 2

Previous ArticleNext Article

Founder of GETTINLOW.com. In addition, he is also the chairman and CEO in GETTINLOW.com. As a graphic designer, he also doubles as a full photographers here and become very important because of his thoughts into the spirit of sustainability with all GETTINLOW’s board members.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Send this to a friend